Senin, 10 Januari 2011


01. Selingi dengan istirahat
Jika merasa mulai jenuh atau bosan belajar terus menerus, ada baiknya diselingi dengan istirahat. Misalkan setiap belajar 1 jam, istirahatnya sekitar 10 menit. Kita bisa melakukannya sambil keluar dulu dari dlm ruang belajar, ambil minum atau makan makanan kecil, tapi jangan kelupaan balik lagi buat belajar.

02. Atur Ruang Belajar
Kenyamanan ruang belajar juga bisa membuat suasana belajar kita menjadi enak. Jangan sampai ruangan tsb berantakan, rapikan dulu barang-barang yang acak-acakan tersebut, jika sudah rapi akan keliatan lebih luas dan segar.


03. Dengarkan Musik

Ada yang bilang kalo belajar sambil dengerin musik bisa ngebantu kita agar berpikir jernih. Hmm.. boleh dicoba tuch, tapi jangan sampai musik yang diputar adalah jenis musik hingar bingar, malahan ga bisa konsentrasi nantinya. Carilah musik yang lembut, dan kalo bisa musik instrumental (tapi hati-hati, jgn sampai ketiduran lho).

04. Bentuk Kelompok Belajar
Bila kita jenuh belajar sendiri di rumah, ada baiknya jika kita bentuk sebuah kelompok belajar. Karena dengan adanya teman, bisa membantu kita atau memberikan motivasi lebih. Seperti misalnya bisa melakukan tanya-jawab. Cuma kebiasaan kita, apalagi kalo cwe, jika lagi belajar tuch, pasti sambil ngobrol (tau duonk). Makanya jgn sampai keterusan



05. Belajar dengan Praktik

Jika belajar hanya dengan membaca (teori) saja, bisa menyebabkan jenuh, cobain dech untuk melakukannya (praktik). Misalnya pelajaran IPA, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan demikian kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi mengasyikan, sekalian membuktikan kebenaran teori tersebut.

06. Belajar dengan Rutin
Agar kita tidak bosan denga menumpuknya bahan pealajaran yg musti kita hapalin. Makanya setiap diberikan materi dari sekolah, kita musti langsung mempelajarinya kembali di rumah, dengan seringnya kita belajar, maka jika kita akan menghadapai ulangan atau ujian, kita tdk perlu lagi belajar seabreg-abreg (jadikan belajar itu menjadi hal yg menyenangkan) mm.. susah tuch.. hehe.

07. Jadilah seorang Detektif
Detektif?! ini kan belajar bukannya mecahin kasus kejahatan? maksudnya adalah, di dalam belajar, anggaplah pelajaran itu sebagai teka-teki yg musti dipecahkan, atau kasus yg sangat sulit untuk diselesaikan. Kayak detektif Conan gitu, kalo kita berhasil mecahin kasus tsb, berarti kita adalah detektif yang hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar